RASIONEL
PERLUNYA BIMBINGAN KELOMPOK DAN KONSELING KELOMPOK DALAM BIMBINGAN DAN
KONSELING
Terdapat tiga format layanan dalam bimbingan dan
konseling. Yaitu individual, kelompok dan klasikal. Bila kita melihat dari
pengertiannya, layanan konseling individual membutuhkan waktu yang lama untuk
memenuhi kebutuhan konseling semua siswa, meskipun pemahaman per individu yang
didapatkan akan lebih mendalam. Sedangkan dalam layanan klasikal waktu yang
dibutuhkan untuk konseling akan lebih sedikit, namun masing-masing individu
tidak diperhatikan sedetail dalam layanan individu. Disinilah, layanan kelompok
( bimbingan dan konseling kelompok ) menjadi semacam penengah antara layanan
individu dan klasikal. Layanan biimbingan dan konseling kelompok adalah layanan
kepada sekelompok individu yang memberikan manfaat atau jasa kepada sejumlah
orang secara tepat dalam waktu yang
relatif cepat. Didalam layanan kelompok ini memanfaatkan dinamika kelompok yang
terjadi secara khas, tidak dapat ditemukan dalam konseling individual, serta
terdapat hubungan konseling yang hangat, terbuka, permisif dan penuh keakraban.
Melalui dinamika kelompok diharapkan setiap anggota mampu mengembangkan diri.
Layanan bimbingan dan konseling kelompok
menjadi tempat untuk mengembangkan sikap, keterampilan, dan keberanian
sosial yang bertenggang rasa. Dinamika kelompok dalam konseling kelompok
bermanfaat untuk memecahkan masalah pribadi anggota kelompok dengan memfokuskan
interaksi dalam kelompok. Melalui dinamika kelompok yang berkembang, anggota
kelompok dapat menyumbang suatu upaya pemecahan masalah.
Upaya
pemecahan masalah yang ada pada konseling kelompok bersifat preventif dan
perbaikan. Sebab, pada konseling kelompok juga ada pengungkapan dan pemahaman
masalah klien, penelusuran sebab-sebab timbulnya masalah, upaya pemecahan
masalah, kegiatan evaluasi dan tindak lanjut.
Lebih lanjut, berikut ini adalah
manfaat konseling kelompok bagi siswa.
1.Membantu mengatasi masalah baik yang disadari maupun yang tidak disadari oleh siswa secara kelompok
2.Membantu siswa agar berkembang menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, produktif dan berperilaku jujur
3.Membantu meringankan beban mental siswa dalam belajar
4.Membantu siswa untuk memahami diri dan lingkungannya
5.Membantu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya
6.Membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi, menerima atau menyampaikan pendapat, bertingkah laku dan hubungan sosial, baik di rumah, sekolah maupun masyarakat.
7.Membantu untuk mencari dan menggali informasi tentang karir, dunia kerja dan prospek masa depan siswa.
1.Membantu mengatasi masalah baik yang disadari maupun yang tidak disadari oleh siswa secara kelompok
2.Membantu siswa agar berkembang menjadi pribadi yang mandiri, bertanggung jawab, kreatif, produktif dan berperilaku jujur
3.Membantu meringankan beban mental siswa dalam belajar
4.Membantu siswa untuk memahami diri dan lingkungannya
5.Membantu mencegah atau menghindarkan diri dari berbagai permasalahan yang dapat menghambat perkembangan dirinya
6.Membantu mengembangkan kemampuan berkomunikasi, menerima atau menyampaikan pendapat, bertingkah laku dan hubungan sosial, baik di rumah, sekolah maupun masyarakat.
7.Membantu untuk mencari dan menggali informasi tentang karir, dunia kerja dan prospek masa depan siswa.
Konseling
kelompok juga bermanfaat bagi konselor sendiri. Konseling kelompok bermanfaat
karena mendapatkan beberapa keuntungan seperti kesempatan mengobservasi
perilaku siswa yang sedang berinteraksi satu sama lain, membuktikan dirinya
sebagai orang yang bersedia melibatkan diri dalam seluk-beluk kehidupan orang
dengan ikut berbicara sebagai partisipan, meyakinkan siswa akan kegunaan
layanan konseling, sehingga diantara siswa atau anggota kelompok ada yang ingin
melanjutkan hubungan dengan konselor dalam wawancara konseling individual dan
dapat melayani sejumlah siswa dalam waktu yang relatif singkat.
Selain
itu, dalam Mungin (2005) ada kekuatan-kekuatan dari konseling kelompok yaitu:
a) Kepraktisan,
dalam waktu yang singkat konselor dapat berhadapan dengan sejumlah siswa di
dalam kelompok dalam upaya untuk membantu kebutuhan yang berkaitan dengan
pencegahan, pengembangan pribadi dan pengentasan masalah.
0 komentar :
Posting Komentar